twitterfacebook

Pages

20 Juli 2011

Biografi IGOR SAYKOJI

Nama lengkap : Ignatius Rosoinaya Penyami
Nama panggilan : Igor
Jenis kelamin : Pria
Tempat & tanggal lahir : Balikpapan, June 8, 1983
Zodiak : Gemini
Pendidikan : Universitas Pelita Harapan
ID Kaskus : http://www.kaskus.us/member.php?u=367575 [saykojigor]

Data Keluarga
Status perkimpoian : Merried
Nama istri : Tessy Penyami
Nama anak : Aaron Miguel Penyami
Nama orangtua : Nastasha Patricia Penyami

Data Profesi & Hasil Karya
Film : Selendang Rocker (2009)
Iklan : IM3
Album musik :
· 2005 - Self titled (single SWGTL)
· 2006 - Musik Hati (single Jomlo) Online
· 2009 - Single Online

Data lain
· Favorite Books:
science book,A Box of Chocolate oleh Hanna Carol
· Favorite Movies:
spongebob, 8 Miles, dan Training Day
· Favorite Music:
D' Massive , Mbah Surip, dan Promoe of Loop Troop
Hobi : online, ngerap dan bikin lagu



Ignatius Rosoinaya Penyami atau sering disapa Igor lahir di Balikpapan, Kalimantan Timur, 8 Juni 1983. Karirnya melesat saat dia membawakan single "So What Gitu Loh" di album pertama bertajuk Saykoji pada tahun 2004.
Bersamaan dengan itu, nama bekennya, Saykoji, yang ia patenkan menjadi nama panggung, makin menggema di jagat musik Indonesia.
Lagu rap yang sebelumnya meredup selepas era kejayaan Iwa K, kembali membahana dengan kehadiran Saykoji. Dia bahkan mampu menancapkan citra unik dengan penampilannya yang eksentrik ala rapper: Badan subur, topi miring, baju dan celana gobrong, hingga kalung super besar bermatakan hardisk PC.
Ingin konsisten di jalur rap, Saykoji kemudian menelurkan album kedua berjudul Musik Hati. Single "Jomblo" menjadi andalan album keduanya.
Tak perlu waktu lama, musik yang dia ciptakan juga populer di kalangan generasi muda. Di tengah kepopulerannya, Saykoji terus menelurkan single baru.
Dia diajak ikut dalam kompilasi album yang dirilis EMI dan mengeluarkan single "Kecoa Ngesot".
Hingga saat ini, Saykoji masih eksis di jalur rap walaupun banyak penyanyi rap mundur teratur karena tak mampu menelurkan album.
Kunci sukses Saykoji adalah, dia tak pernah lelah berkreasi. Di single "Online" yang keluar pada 2009 saja, musik rap Saykoji makin matang. Walaupun baru sebatas single, lagu ini sudah cukup booming.
Bahkan lagu Online dijadikan theme song sebuah produk telepon selular yang membuat lagu ini semakin populer.
Saykoji juga mengeluarkan single yang kontroversi berjudul "Copy My Style" yang menceritakan pemalsuan hak cipta lagu Saykoji "Tahukah Kau".
Kini Saykoji tengah sibuk menggarap dan merampungkan album ketiganya. Rencananya, album anyarnya akan rilis 2010.

Kehidupan Masa kecil
Sewaktu kecil, tak pernah terbersit di benak Igor bahwa dirinya akan menjadi penyanyi rap. Selain tak terlalu terkenal, Igor sebenarnya tidak terlalu menyukai musik rap.
Dia beralasan, musik rap tak jelas dalam melantunkan syair. Namun saat mendengarkan musisi rap Indonesia, Black Skin, Iwa K dan Neo, Igor tersadar betapa rap sangat mengasyikkan.
Tak butuh waktu lama, ia langsung mencintai musik rap dan tekun mempelajarinya.
Sadar dirinya punya talenta untuk memperpanjang nafas musik rap, Igor memberanikan diri menjadi professional. Igor kemudian memilih nama Saykoji sebagai nama panggungnya.
Pemilihan nama Saykoji berdasarkan sifatnya sejak masih sekolah. Igor dikenal sebagai orang yang nggak gaul dan kerap disebut seorang penyendiri.
Sampai-sampai Igor pernah disebut sebagai psycho (gila). Dari julukan inilah, nama Saykoji (ejaan Inggris-Indonesia untuk Psycho G) muncul. Saykoji dalam formasi panggung biasanya terdiri dari Guntur Simbolon dan Della MC dari Batik Tribe.
Igor pun memiliki satu group rohani yang bernama Disciples bersama tiga sahabat lainnya yaitu JFlow, Guntur Simbolon dan Rendy Rainhard. Pada 2008, projek perdana Switch yang diedarkan oleh Impact Music merupakan projek idealis kelompok musik tersebut.

Terlibat Pembuatan Film
Tenar menjadi seorang artis rap di tengah menjamurnya musik pop di tanah air, Saykoji pun ketiban kesempatan untuk menjajal dunia akting. Pada film Selendang Rocker yang dirilis 22 Oktober 2009, Saykoji beradu akting dengan penyanyi Candil, Edric Chandra, Ramzi, Joe P-Project dan Sarah Jane.
Film yang disutradarai Awi Suryadi bergenre komedi yang menceritakan kisah jatuh bangun sebuah grup band dengan bumbu-bumbu komedi dan asmara.
Dalam film itu, menceritakan perjalanan grup musik ini bermula dari genre rock yang kemudian turun pamor. Selama film berdurasi 89 menit, para anggota geng dihadapkan pada berbagai masalah.
Akhirnya melalui berbagai peristiwa, band yang namanya kian meredup mengubah diri dan belajar dari berbagai aliran musik termasuk Melayu.
Hasilnya tak sia-sia, aliran musik rap apik mereka hasilkan dan berhasil melambungkan kembali nama kelompok band tersebut.
Selain film, Saykoji juga mulai dilirik menjadi bintang iklan. Dia tampil dalam sebuah iklan produk Indosat dengan membawakan single "Online". Honda Genuine Parts juga mempercayakan produknya untuk diiklankan rapper bertubuh subur itu.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Berikan komentar yang bermanfaat dan berguna :)

 
Terima Kasih
Telah Berkunjung :)
Wassalamua'alaikum