twitterfacebook

Pages

31 Juli 2011

Tips Sehat Saat Puasa

Puasa merupakan kewajiban umat Islam. Dengan berpuasa kita dapat memfitrahkan diri kita untuk kembali bersih. Puasa di definisikan sebagai menahan nafsu duniawi dari mulai waktu imsyakiyah sampai dengan waktu magrib. Kalau kita lihat dari segi kesehatan sebetulnya banyak sekali manfaatnya.
Menahan lapar dan haus sepanjang sepanjang lebih dari 12 jam. Banyak energi yang terkuras pada saat menjalaninya. Diharapkan pada saat berpuasa kita masih dapat menjalani aktifitas seperti biasa dan bahkan lebih semangat sehingga puasa terasa lebih bermakna. Lantas bagaimanakah agar tetap sehat saat puasa :
  1. Siapkan mental dan niat yang tulus saat puasa. Siapkan dengan matang mental dalam menjalankan  puasa kali ini. Iklas dalam menjalaninya. Jangan jadikan beban sedikit pun.
  2. Tetap makan sahur. Makan sahur merupakan kegiatan rutinitas pada saat puasa. Pada saat sahur makanlah makanan yang mengandung protein tinggi dan mudah dicerna. Hindari terlalu banyak makan yang manis-manis. Makan makanan yang manis-manis akan membuat kita cepat lapar.
  3. Tetap berolah raga agar selalu sehat dan fit. Olah raga diperlukan saat puasa untuk tetap memperlancarkan peredaran darah kita. Tentunya hanya olah raga yang ringan saja.
  4. Cermati makanan saat berbuka puasa. Saat berbuka puasa sebaiknya makanlah makanan yang manis untuk memulihkan tenaga. Hindari makanan yang dingin. Serta makanlah secara bertahap. Saat berbuka hendaknya makan makanan yang ringan dan setelah sholat magrib barulah dilanjutkan dengan makanan berat.
  5. Konsumsi vitamin yang cukup.Konsumsi vitamin yang cukup seperti vitamin C.
  6. Berbuka puasa tepat waktu. Berbuka puasa  tepat waktu. Ini sangat dianjurkan. Setelah sekian lama tidak ada asupan makanan saat puasa maka pada waktunya berbuka untuk di segerakan.
Demikianlah sobat. Semoga Rhamadhan kali ini penuh berkah dan rahmat serta menjadikan kita tetap sehat. Mungkin sobat punya tips lain. Silahkan berbagi.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Berikan komentar yang bermanfaat dan berguna :)

 
Terima Kasih
Telah Berkunjung :)
Wassalamua'alaikum